Sabtu, 14 April 2012

Menghadapi Ular

   Saat kita berhadapan atau bertemu dengan ular ada beberapa hal yg kita perlu ketahui. Mungkin apabila kita bertemu atau berhadapan langsung dg ular berbisa secara mendadak akan bereaksi kaget dan menimbulkan gerakan yg spontan. Sebenarnya hal itu tidak perlu, karena gerakan spontan tadi justru membuat si ular kaget. Disini ada sedikit tips untuk menghadapi ular (ya jaga2 aja kalo pas lagi di rawa2 ato pinggir kali ketemu dg ular) ^_^..
   Hal yang pertama apabila bertemu dg ular jgn panik, kita tetap tenang dan diam. Jangan bergerak dg spontanitas, karena ular mendeteksi dg gerakan. Semakin spontan gerakan kita maka membuat ular itu akan terganggu dan membuatnya jd lebih agresif untuk mempertahankan dirinya (ular merasa terancam)
   Selain itu kita wajib waspada dan berpikir apakah ular itu sekedar lewat atau malah mau menyerang kita. Jika ular tersebut mau menyerang kita, maka kita harus lebih waspada dan kalo ada ambil tongkat atau batang/ ranting pohon untuk menghalau atau memindahkan ular itu. Atau kalo tidak ada ranting/ batang pohon silahkan kabur aja secara perlahan-lahan. Kalau ular itu hanya lewat maka biarkan saja dan jangan di usik yang akan memancing agresitas ular itu.
   Lebih penting lagi kita juga harus cermat mengamati ular itu. Lihat sekeliling juga, apakah ada ruang gerak kita untuk menghindari apabila ular itu jadi menyerang kita. Karena tidak semua ular agresif, akan lebih baik kita segera menghindarinya saja kalau kita tidak terlalu mengerti dan paham dengan jenis-jenis ular. Karena tiap ular memiliki karakter masing-masing.
   Apabila kita memilih untuk menghadapi ular yang kebetulan agresif dan mau menyerang kita usahakan kita bisa mengalihkan perhatian si ular. Misalnya tangan kiri kita melambai-lambaikan tangan di depan ular (jarak aman) untuk mengalihkan perhatian ular dan tangan kanan memegang ranting atau dahan pohon yang bercabang (yang bisa untuk menekan ular ke tanah). Setelah kita dapat kepala ular (kepala udah tertekan ke tanah dan tdk bisa bergerak bebas) maka kita sudah setengah bisa menguasai ular tersebut. Kemudian kita pegang leher dari ular itu. Leher yang paling dekat dengan kepala agar kepala si ular tidak dapat menoleh dan balik menggigit tangan kita. Dengan catatan langkah ini hanya dilakukan yang sudah berpengalaman atau yang benar berani dan mental yg kuat. Kalo ragu lebih baik menghindarinya saja....

nb : langkah yang terakhir jgn dilakukan apabila tidak didampingi atau bersama orang yang ahli tentang ular

posted by : FHC.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo di isi