Rabu, 04 April 2012

Umpan untuk Memancing

    Dalam memancing kita menggunakan umpan untuk menarik ikan datang ke kail dan memakannya sehingga ikan tersebut tersangkut di kail kita atau yg biasa kita sebut STRIKE. Dalam dunia memancing ada berbagai jenis umpan yg dapat digunakan, tergantung dari ikan apa yg mau dicari dan di jenis perairan apa.
Langsung saja, berikut kita kupas jenis-jenis umpan :
Umpan Alami
    Dinamakan umpan alami,berarti umpan ini sudah tersedia di alam alias kita bisa langsung mengambil dan memakai sebagai umpan. Umpan ini bisa berupa tumbuhan, biji-bijian, hewan tanah atau bisa jg jenis serangga. Yang pasti umpan tersebut merupakan makanan alami dari ikan di tempat liar.
Contoh umpan dari tumuhan adalah lumut. Sedangkan serangga dan hewan2 tanah seperti cacing,jangkrik,capung,gangsir,belalang,laron,kepompong daun pisang.Bisa juga dengan katak atau belut kecil
Umpan Buatan
    Umpan buatan merupakan umpan yang diproduksi oleh pabrik atau dibuat oleh manusia. Dengan menggunakan bahan2 dari alam dan dicampur dengan bahan kimia (pengawet) dan aroma buatan juga. Untuk umpan jenis ini biasa kita sebut dengan Pellet. Umpan buatan sebenarnya dibuat dari bahan-bahan alami seperti jagung,ubi jalar,bedak ditambah dengan sardine atau rebon (untuk bau2 amis untuk menarik ikan)
Umpan Tabur
    Umpan jenis ini merupakan stimulus atau untuk mengecoh ikan agar mau mendekat ke jangkauan kail yang kita maksud. Umpan ini kita berikan sebelum kita melempar pancing. Umpan tabur akan mengumpulkan ikan dekat ke lokasi yang kita inginkan, sehingga saat kita mulai memancing ikan sudah terkumpul di areal tersebut. Sebaiknya umpan tabur tidak terlalu banyak diberikan agar ikan tidak kekenyangan sehingga sudah tidak mau memakan umpan di kail
Umpan Palsu / Buatan
    Umpan ini dibuat oleh pabrik yang berbentuk menyerupai serangga atau juga ikan kecil. biasanya terbuat dari plastik,fiber,dan kayu. Umpan ini lebih sering digunakan untuk memancing di laut. Untuk umpan jenis ini biasanya untuk memancing ikan dengan teknik pooping. Beberapa jenis umpan buatan yaitu minnowplug, Lure, dan pooper.


posted by : FHC.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo di isi