Kamis, 05 April 2012

Ular Welang

ular welang
    Ular Welang (Bungarus fasciatus) adalah nama sejenis ular berbisa anggota suku Elapidae. Umum biasa menyebutnya sebagai ular belang (Indonesia) atau oray belang (Sunda), nama yang sedikit banyak menyesatkan karena digunakan pula untuk menyebut ular lain yang serupa dan berkerabat dekat: ular weling (Bungarus candidus).
    Kedua ular ini memang mirip bentuk dan warnanya. Nama welang dan weling (dari bahasa Jawa) menunjuk kepada pola belang hitam-putih (atau hitam-kuning) yang berlainan. Pada ular welang, belang hitamnya utuh berupa cincin dari punggung hingga ke perut; sedangkan pada ular weling belang hitamnya hanya sekedar selang-seling warna di bagian punggung (dorsal), sementara perutnya (ventral) seluruhnya berwarna putih.
    Sebaran ular ini meliputi wilayah-wilayah dekat pantai hingga daerah bergunung-gunung sekurangnya sampai ketinggian sekitar 2.300 m dpl., namun umumnya lebih kerap dijumpai di dataran rendah. Ular welang menghuni wilayah-wilayah perbatasan antara hutan-hutan dataran rendah yang lembap dengan yang lebih kering, hutan-hutan pegunungan, semak belukar, rawa-rawa, daerah pertanian, perkebunan dan persawahan. Tidak jarang pula dijumpai dekat permukiman, jalan raya atau sungai.
ular weling
    Mangsanya terutama adalah jenis-jenis ular lainnya, meskipun ular ini mau juga memakan aneka jenis reptil, kodok, serta kadang-kadang ikan, dan telur. Ular welang terutama aktif berburu di malam hari (nokturnal) di atas tanah (terestrial), dan pada siang hari bersembunyi di bawah tumpukan kayu atau batu. Di India, ular ini diketahui tidur di rerumputan tinggi, lubang-lubang dan juga di saluran air. Di antaranya, ular welang juga memangsa ular jali (Ptyas korros). Ular welang dikategorikan amat berbahaya karena bisanya yang bersifat mematikan, meskipun laporan kematian pada manusia akibat gigitan ular ini termasuk rendah.

Nah bagi yang suka extreme wajib berhati-hati bila di areal sungai di malam hari..

posted by : FHC.org
sumber : wikipedia

4 komentar:

  1. gan,,,,,td mlm ane d gigit ular ni.....
    nasib baik cm nyangkut d celana......
    ternyata ane masih d sayang tuhan....

    BalasHapus
  2. wah untunglah agan g smpe tergigit..tetep waspada aj bro

    BalasHapus
  3. dulu pas gw ketemu ular,, kebetulan pas mau mandi seh, langsung gw ungkep tu ular pake anduk. ga tahu juga ada bakat kali jadi pawang. hmm.. ngeri juga seh ular sendok gitu. bokap dulu sering koleksi ular terus dikumpulin di akuarium.. ishh dahh sesuatu pokoknya

    BalasHapus
  4. Koq gk mati aja kau sekalian.
    biar modar

    BalasHapus

monggo di isi