Sabtu, 03 Maret 2012

Merawat Reel

Salah satu bagian terpenting alat pancing adalah reel atau penggulung. Reel berfungsi untuk melontar umpan, merata senar, menggulung hasil strike hingga memenangkannya (mendapatkan ikan). Karena reel begitu penting fungsinya, selain pelengkap dari joran maka perlu perawatan khusus agar awet. Berikut 8 langkah merawat reel :

1. CUCI REEL USAI MANCING
Mencuci dengan mengelapnya dengan kain lap. Tujuannya untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel di reel

2. PERIKSAAN RUTIN
 Pastikan handel berputar lancar. Periksa roda penggulung, bila roda penggulung macet maka bisa menyebabkan permukaan roda cacat sehingga senarr yang dilewatinya mudah tergores dan mudah putus.

3. PERIKSA REM REEL
Untuk memeriksa rem ril (drag) reel, langkah pertama buka knob drag ke kanan hingga mati, lalu putar spul untuk membentuk mekanisme drag masih bekerja. Keping elemen drag basah, berkarat, atau terkena minyak umumnya membuat spu/tetap berputar walau drag terpasang penuh.

4. BONGKAR ELEMEN DRAG
Jika mekanisme drag mati maka tindakan selanjutnya adalah membongkar elemen drag. Caranya, lepas spulnya dengan memutar knob drag ke arah kiri. Lepaskan kawat penguncinya. Satu persatu lepas elemennya dan hafalkan urutannya. Cuci dengan air dan sabun, lalu keringkan. Bila ada salah satu yang cacat lebih baik gantilah seluruh kampas drag (washer). Jika lempeng metal (key washer dan aered washer) berkarat, rendam dalam minyak tanah atau semprotkan WD-40 dan buang karatnya dengan amplas halus. Setelah dikeringkan, lapiskan pelumas khusus untuk drag tipis-tipis setiap keping elemen drag, lalu pasang seperti semula.
(kalo belum paham jangan dibuka sendiri tanpa didampingi yg sudah berpengalaman)

5. PERIKASA ANTI-REVERSE
Jika roller bearign terkena pelumas, anti-reverse-nya sering kali tidak dapat mengunci.

6. PERLU PEMERIKSAAN BERKALA
Untuk memastikan apakah ada pelumas yang menggumpal atau terdapat kotoran, maka perlu membongkar reel. Untuk membongkarnya harus memperhatikan skema ketika anda membelinya. Siapkan alat-alat seperti obeng plus (+) dan min (-) tang penjepit, dan kunci pas untuk membuka rotor. Lepaskan spul hendel dan rotor lalu sisihkan.

7. PERIKSA PELUMAS
Jika didalam ada minyak yang mengumpal berarti reel telah aus dengan kondisi parah. Buang gemuk dengan kuas lalu periksa semua kondisi perangkat reel. Bila ada ball bearing atau gear rusak segera ganti. Bila bearing anti-reverse masih bagus jangan dibongkar atau diberi gemuk. Jika bearing anti-reverse-nya rusak ganti saja yang baru. 

sumber IFT/Mancing Mania


post by : FHC.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo di isi